December 8, 2020 3 min to read

TIPS LIBURAN HEMAT AKHIR TAHUN

Category : Holiday, Travel Tips

Akhir tahun memang masih beberapa minggu lagi, namun banyak dari Anda yang pasti sudah berencana untuk menghabiskannya dengan berlibur bersama keluarga, bukan? Momen akhir tahun sangat pas untuk dihabiskan bersama orang-orang terkasih untuk lebih menciptakan kedekatan sekaligus refleksi diri selama setahun ini. Namun, seringkali rencana liburan terhambat oleh budget yang harus dikeluarkan. Belum lagi dengan beberapa biaya seperti akomodasi penginapan atau tiket masuk wisata yang biasanya melonjak naik di akhir tahun.

Meski begitu, liburan akhir tahun tetap bisa dilakukan dengan biaya yang lebih hemat jika dipersiapkan jauh dari hari H. Kunci nya adalah planning yang matang. Jika semua dipersiapkan dengan baik, liburan pun bisa dilakukan dengan santai dan lebih berkesan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Via.com Indonesia bagikan beberapa tips untuk liburan lebih hemat di akhir tahun.

Buat Perencanaan

Banyak orang yang ingin liburan namun belum memiliki rencana yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Liburan secara mendadak memiliki risiko waktu yang terbuang lebih banyak bahkan pengeluaran biaya yang berlebihan. Tanpa adanya perencanaan atau itinerary, kita akan dibuat bingung dengan beberapa hal seperti menginap di mana, ke mana tujuan berlibur, berapa biaya tiket masuk destinasi tersebut, hingga transportasi apa yang akan digunakan.

Pertama, rencanakan akan berlibur ke mana. Dalam negeri atau luar negeri. Kemudian buatlah daftar destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. Cari lah info mengenai wisata tersebut mulai dari harga tiket hingga jam operasional. Sebisa mungkin lakukan pembelian tiket secara online saat itu juga jika memang tersedia, untuk menghindari tiket sold out. Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen dan persyaratan jika ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kedua, buatlah reservasi hotel dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga hemat. Manfaatkan pula promo akhir tahun agar lebih memangkas pengeluaran. Pastikan nama dan tanggal reservasi sesuai dan tepat dengan nama dan jadwal liburan Anda.

Tips Pesan Hotel Untuk Menginap Lebih Hemat

Ketiga, tentukan akan menggunakan transportasi apa. Jika berlibur ke luar negeri, tentu membutuhkan tiket pesawat yang harus disiapkan. Sama seperti penginapan, booking tiket lebih awal atau 2 minggu sebelum hari H. Jangan ragu untuk menggunakan promo yang ada. Mitra Via bisa mencari dan menawarkan promo tiket pesawat dengan harga dan keuntungan menarik kepada Tamu Anda melalui portal Via.com Indonesia.

Lihat Promo Menarik Di Sini

Setelah semua rencana tersebut rampung, hitung jumlah total biaya yang sekiranya akan dikeluarkan. Dengan begitu, pengeluaran nanti nya tidak akan melebihi budget karena telah disesuaikan dengan itinerary.

Gunakan Tabungan Perjalanan

Bagi Anda yang hobi traveling, hal wajib yang harus dilakukan adalah memiliki tabungan khusus perjalanan. Jadi, pada saat momen liburan tiba Anda bisa menggunakannya alih-alih memakai habis seluruh gaji Anda selama sebulan. Untuk selanjutnya, Anda bisa menyisihkan 10% dari gaji perbulan untuk dimasukkan kembali dalam tabungan liburan.

Tak Perlu Tour Guide

Menggunakan jasa Tour Guide memang sangat membantu perjalanan liburan Anda. Apalagi jika Anda liburan ke luar negeri, Tour Guide akan sangat membantu dari hal komunikasi hingga memberikan informasi destinasi yang akan dituju. Tentu saja, hal tersebut tidaklah gratis. Anda harus mengeluarkan biaya lebih jika menggunakan jasa tersebut. Jika Anda ingin liburan lebih hemat, sebaiknya tidak menggunakan jasa Tour Guide. Meski begitu, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih bebas mengeksplor tujuan liburan Anda. Dijamin liburan Anda akan lebih menarik.

Tentukan Budget Membeli Buah Tangan

Meski terdengar sepele, namun budget untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh juga harus Anda tentukan dan pisahkan dari budget utama (akomodasi, transportasi, destinasi). Membeli oleh-oleh seringkali membuat pengeluaran membengkak karena kita tidak tahu berapa jumlah yang harus dikeluarkan. Anda juga sebaiknya membeli buah tangan di pasar tradisional yang tidak terletak dalam area wisata, agar tidak mendapatkan harga barang yang lebih tinggi. Beli lah oleh-oleh yang memang khas dari daerah atau negara tersebut saja, jangan membeli barang-barang yang tidak perlu.

Mitra Via, itu dia beberapa tips yang mungkin cocok dan tentu saja bisa Anda bantu berikan saat ada Tamu Anda yang bertanya tentang rencana liburan di akhir tahun. Terus bertransaksi bersama Via.com dan temukan ragam promo dengan keuntungan menarik hanya untuk Anda.

Leave a comment

Newsletter subscribe