November 30, 2021 3 min to read

HINDARI HAL BERIKUT SAAT MEMBANGUN BISNIS

Category : Tips

Dewasa ini, membangun dan mengembangkan usaha sendiri masih menjadi idaman banyak orang. Terlepas dari sulitnya mengumpulkan modal dan proses mendirikannya, memiliki usaha dan menjadi bos sendiri bagi beberapa orang dirasa lebih menyenangkan karena tidak terikat dengan orang lain yang menjadi atasan. Mungkin, Anda juga demikian.

Akan tetapi, menjadi wirausahawan atau entrepreneur tidak pula terlepas dari tantangan—termasuk menjadi travel agent dalam bidang tour and travel. Memiliki usaha sendiri nyatanya tidak semudah yang dibayangkan dan dilihat. Ada beragam hal yang perlu dipelajari dan dikuasai, sekalipun usaha yang didirkan berangkat dari minat maupun bakat bahkan tren yang memang akrab dengan diri sendiri.

Ingin Bergabung Menjadi Mitra Via? Klik di Sini

Mitra Via, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa langkah yang dapat dihindari agar tidak terjebak dan membuat bisnis Anda menjadi mandek. Persiapkan diri menjadi travel agent yang baik dan hindari hal-hal berikut!

  1. Tidak memiliki perencanaan harian

Sebagai pengusaha atau agen travel, Anda harus memiliki perencanaan dengan memerhatikan prioritas pekerjaan untuk setiap harinya. Tidak seperti karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan, jika prioritas Anda tidak jelas maka dapat menimbulkan masalah. Tips untuk Mitra Via, selesaikan masalah-masalah yang mendesak, pekerjaan-pekerjaan berat, dan pekerjaan-pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu sangat singkat terlebih dahulu.

 

  1. Terburu-buru membalas e-mail dan pesan lainnya

Membalas pesan dengan cepat memang pada beberapa kondisi merupakan hal yang baik. Namun, hal itu tidaklah efisien karena dapat membuang waktu Anda dan ada kalanya membuat Anda kurang teliti saat membalasanya. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membalas e-mail atau pesan lainnya, apalagi yang kurang mendesak. Perhatikan pesan-pesan yang Anda terima dengan baik dan telitilah ketika membalasnya.

  1. Terlalu nyaman dengan rutinitas

Sama halnya dengan membalas pesan dengan cepat, memiliki rutinitas memang baik untuk beberapa kondisi. Namun, saat terlalu saklek Anda akan kesulitan untuk beradaptasi kembali saat keadaan berubah secara tiba-tiba. Dalam membangun bisnis, ada kalanya Mitra Via menjalin hubungan dengan rekanan bisnis ataupun klien. Situasi dan kondisi pun dapat saja berubah dan menuntut penyesuaian. Untuk itu, jadilah fleksibel agar dapat beradaptasi dengan baik.

Temukan Beragam Promo Menarik untuk Mitra Via di Sini

 

  1. Terlambat pada pertemuan-pertemuan penting

Jika sebelumnya Anda adalah seorang karyawan ataupun yang lainnya, mungkin terlambat 5—10 menit merupakan hal biasa. Namun, sebagai pengusaha Anda tidak boleh terlambat pada pertemuan-pertemuan penting dengan rekanan bisnis, klien, dan yang lainnya. Jika Anda memiliki pegawai, Anda juga harus menjadi role model dengan selalu tiba tepat waktu. Untuk menghindari keterlembatan, upayakan hadir sekitar 30 menit sebelum waktu yang telah dijanjikan bersama.

 

  1. Menunda waktu ketika harus mengambil keputusan yang sulit

Saat menghadapi situasi sulit, mungkin memang dibutuhkan waktu untuk mengambil keputusan yang tepat. Apalagi, jika masalah tersebut memang cukup besar. Namun, jika terlalu lama dibiarkan masalah itu bisa menjadi semakin besar. Upayakan ambil keputusan yang matang dan tepat dalam jangka waktu yang tidak lama. Segera susun solusinya ketika menghadapi masalahnya, buat perencanaan yang matang, dan segera ambil langkah yang tepat.

  1. Tidak pernah berkata “tidak”

Anda harus belajar berkata “tidak” saat menjadi travel agent. Mengapa? Karena tidak semua rekanan bisnis ataupun klien yang Anda temui seberharga dan semenguntungkan yang Anda pikirkan. Mitra Via perlu mengingat bahwa Anda membangun bisnis bukan hanya untuk menyediakan produk dan layanan yang dapat membantu banyak orang, namun juga untuk mencari keuntungan. Pertimbangkan semua ajakan, tawaran, maupun permintaan dengan sebaik-baiknya.

 

  1. Multitasking

Meski terkesan mempersingkat waktu, nyatanya multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu malah dapat menghambat Anda. Jika memang Anda benar-benar bisa fokus dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik, maka tidak akan menjadi masalah. Namun, ada baiknya Anda menyelesaikan pekerjaan satu-satu dengan sungguh-sungguh.

 

Mitra Via, cobalah hindari hal-hal tersebut agar dapat menjadi agen travel yang sukses. Via Indonesia juga akan senantiasa hadir memberikan produk dan layanan terbaik bagi Anda!

Selalu update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Cek Info dan Promo Terbaru dari Via di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe