April 27, 2021 3 min to read

Kekayaan Budaya Yang Dapat Dinikmati di Labuan Bajo

Category : Destination

Mitra Via tentunya sudah tidak asing dengan Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam berupa hamparan laut dan pantai serta keeksotisan flora juga faunanya. Daerah yang mengandalkan pantai dan merupakan gerbang Taman Nasional Komodo ini telah menjadi destinasi wisata andalan sejak 2019 lalu. Saat masa pandemi ini, Labuan Bajo tetap hadir sebagai destinasi wisata yang dapat Mitra Via andalkan untuk ditawarkan ke Tamu Anda.

Namun, tahukah Mitra Via kalau Labuan Bajo juga memiliki kekayaan budaya yang eksotis? Layaknya daerah-daerah lain di Indonesia, Labuan Bajo juga memiliki kekayaan budaya yang dapat dinikmati–tentunya selain kekayaan alam yang tiada duanya. Mitra Via dapat merekomendasikan beberapa jenis budaya yang dapat dinikmati yang tentunya akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan!

 

Seni Kriya

Sebagai salah satu destinasi andalan di Indonesia, tentunya tak lengkap jika tidak memiliki suguhan kriya sebagai buah tangan. Buah tangan yang tidak kalah indah dengan destinasi wisatanya tentunya akan selalu mengingatkan akan indahnya memori yang pernah dialami. Mitra Via jangan khawatir, Labuan Bajo juga menawarkan keindahan seni kriya yang dapat dinikmati oleh Tamu Anda.

Kerajinan berupa pahatan hewan komodo sebagai lambang Labuan Bajo dapat ditemukan dan dimiliki oleh Tamu Anda. Tentunya, kerajinan semacam itu akan membuat memori akan keindahan Labuan Bajo tetap terjaga. Terdapat pilihan lain berupa kerajinan mutiara yang diproduksi oleh masyarakat pesisir pantai di sana. Kerajinan dari mutiara itu dapat berupa gelang, kalung, dan anting. Selain itu, terdapat pula pahatan karya warga lokal sebagai instalasi seni yang dapat dinikmati keindahannya.

 

Fashion ala Labuan Bajo

Selain kerajinan tangan, busana atau fashion khas di daerah Labuan Bajo juga dapat dinikmati bahkan dimiliki oleh Tamu Anda. Produk Busana di Labuan Bajo sejatinya juga merupakan kerajinan tangan karena dibuat oleh warga lokal menggunakan cara dan peralatan tradisional. Salah satu produk fashion yang populer adalah kain tenun atau yang biasa disebut oleh warga lokal di sana seabagi kain sarung. Selain itu, terdapat pula Kain Songke khas warga Mataram. Harganya cukup variatif, tergantung kualitas bahan dan juga desain, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya, memiliki kain tenun ala Labuan Bajo akan menjadi pengalaman unik bagi Tamu Anda untuk merasakan gaya busana lokal di sana atau nantinya dapat dipadukan dengan fashion ­sehari-hari.

Ada pula busana lain yang menjadi andalan warga di daerah Manggarai dekat Labuan Bajo, yaitu Chomabee. Chomabee merupakan kaus khas daerah Manggarai dengan desain unik yang melambangkan kekayaan alam dan budaya di daerah Labuan Bajo.

 

Tari Tanam Padi Pacek Mawo

Selain dapat menikmati kerajinan tangan dan busana khas Labuan Bajo, Tamu Anda dapat disuguhi pertunjukan menarik. Salah satunya adalah Tari Pacek Mawo atau Tari Tanam Padi. Tarian ini dapat dinikmati saat Tamu Anda mengunjungi Labuan Bajo, khususnya daerah pemukiman seperti Desa Melo. Saat berkunjung ke sana, Tari Tanam Padi akan disuguhkan oleh warga Desa Melo sebagai sambutan bagi Tamu Anda.

Tari Tanam Padi memiliki makna berupa upaya masyarakat dalam menjaga, memanfaatkan, dan melestarikan alam. Biasanya, warga Desa Melo akan mengajak wisatawan untuk mempelajari tarian ini. Tentunya, pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang unik dan berkesan bagi Tamu Anda.

 

Tari Caci

Tari Caci juga dikenal dengan Tari Kesatriaan. Tarian ini merupakan tarian lain yang menjadi suguhan andalan di Labuan Bajo. Bahkan, konon katanya Tari Caci tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo. Tarian ini bahkan bisa dibawakan oleh lebih dari 200 orang.

Pesan dan filosofis dari tarian ini adalah tentang pengendalian diri dan kepekaan diri terhadap sekitar. Keindahan Tari Caci dapat dinikmati dari segala unsurnya, seperti kostum, aksesoris, dan tentunya gerakkannya. Dapat dibayangkan betapa indah dan megahnya Tari Caci sebagai suguhan bagi Tamu Anda!

 

Itu dia beberapa kekayaan budaya khas Labuan Bajo. Tentunya, masih sangat banyak kekayaan budaya yang dapat dinikmati oleh Tamu Anda. Mitra Via jangan lupa untuk cek paket tour dan itinerary Labuan Bajo! Paket Tour Labuan Bajo dapat Mitra Via cek di sini.

 

 

Paket Tour Labuan Bajo

Leave a comment

Newsletter subscribe