April 23, 2021 2 min to read

Beberapa Makanan Khas Kalimantan Tengah Yang Wajib Banget Kamu coba!

Category : Culinary, Holiday, Uncategorized

Indonesia terdiri dari beragam suku yang membuat negeri ini kaya akan budaya termasuk kulinernya. Kuliner lezat khas daerah sudah tentu lahir dari sebuah budaya yang berkembang di daerah tersebut. Di Kalimantan Tengah, makanan khasnya terpengaruh dari tiga suku dominan yaitu Dayak, Jawa, dan Banjar. Kuliner yang kaya akan rempah membuat masakan khas Kalimantan Tengah ini selalu menggoda untuk dicoba.

Berikut beberapa makanan khas daerah Kalimantan Tengah yang harus banget kamu coba saat datang kesana!

  • Kalumpe

Tampilan Kalumpe mirip dengan sayur daun singkong yang sering kita temui di Sumatera Barat dan Jawa. Sama seperti sayur daun singkong, Kalumpe juga dibuat dari daun signkong hanya saja ditumbuk lebih halus. Makanan khas Dayak ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran bumbu rempah seperti bawang putih, serai, kayu manis, bawang merah, cabai dan lengkuas.

  • Juhu Umbut Rotan

Rotan tidak hanya dijadikan sebagai bahan furniture saja lho. Masyarakat Kalimantan Tengah dapat menyulap rotan menjadi makanan yang lezat. Makanan yang menjadi primadona di Kalimantan Tengah ini memiliki teknik khusus saat diolah. Mulai dari pemilihan rotan yang tidak sembarangan, yakni harus muda dan masih tunas. Kemudian rotan dimasak dengan bumbu rempah seperti kunyit dan santan.

  • Ikan Jelawat

Ikan Jelawat merupakan ikan endemic di sungai-sungai Kalimantan. Sebenarnya Ikan Jelawat tidak hanya diolah dengan cara digoreng. Kamu bisa menemukan sajian Ikan Jelawat bakar atau gulai di berbagai resto di Palangkaraya. Tekstur ikan yang lembut dan rasa bumbu yang gurih melimpah akan pas bagi lidah pecinta ikan.

  • Lemang

Lemang merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan berupa lontong atau ketupat. Lemang dibuat pertama kali oleh orang Melayu dan menjadi makanan khas suku Dayak. Biasanya makanan ini disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Pengolahan Lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bamboo. Sebelum dimasukkan kedalam bamboo, beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu.

  • Juhu Kujang

Sama seperti Juhu Umbut Rotan, Juhu Kujang juga disajikan dengan kuah gulai yang kental. Hanya saja, Juhu Kujang dibuat dari keladi atau tanaman berumbi jenis terna yang daunnya lebar dan hidup di alam liar. Makanan yang dipercaya sebagai obat herbal ini dapat menghilangkan rasa gatal pada tubuh. Juhu Kujang juga menggunakan bahan tambahan seperti ikan dan daun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil.

  • Hintalu Karuang

Nama Hintalu Karuang memang nama yang sulit diingat untuk sebuah makanan. Namun, ketika melihat tampilannya, kamu akan ingat dengan makanan khas Kalimantan Tengah ini karena tampilannya mirip dengan dengan kolak biji salak. Hintalu yang berarti telur dan Karuang berarti kalelawar. Tapi tenang saja, kolak biji salak asal Palangkaraya ini tidak mengandung bahan dari kalelawar kok. Bahan utama Hintalu Karuang ini berasal dari tepung ketan yang disajikan dengan campuran santan dan gula merah layaknya kolak biji salak.

Leave a comment

Newsletter subscribe