September 28, 2020 2 min to read

TERBANG AMAN DAN NYAMAN BERSAMA GARUDA INDONESIA

Category : Travel Tips

Dalam situasi dan kondisi seperti saat ini, tentu kenyamanan serta keamanan, khususnya dalam melakukan perjalanan menjadi sebuah prioritas bagi kebanyakan orang. Termasuk dalam memilih maskapai penerbangan yang mengutamakan protokol kesehatan dan keselamatan dalam level maksimal.

Garuda Indonesia, sebagai satu-satunya maskapai pelat merah di Indonesia, memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan para penumpang dari saat pembelian tiket hingga tiba di destinasi tujuan. Penerapan protokol kesehatan dan keselamatan penumpang, para karyawan hingga awak kabin yang bertugas, menjadi sebuah komitmen utama dalam kampanye “Terbang Aman dan Nyaman” yang dihadirkan oleh Garuda Indonesia.

Demi totalitas dalam menerapkan protokol tersebut, Garuda Indonesia juga melengkapi kabin pesawat dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter, yaitu sebuah sistem filtrasi yang memiliki performa serupa dengan yang digunakan pada ruang operasi rumah sakit untuk menjaga kebersihan udara. HEPA filter dapat menyaring partikel seperti virus dan bakteri, hingga partikel dalam ukuran terkecil sekalipun. Udara dalam kabin akan selalu mengalir ke luar dan ke dalam pada saat penerbangan, karena udara terus diperbaharui setiap 2 hingga 3 menit dengan sistem tersebut.

Tak hanya itu, Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker & sarung tangan oleh seluruh petugas yang melakukan kontak langsung dengan penumpang, penerapan physical distancing, serta aturan batas kapasitas maksimum penumpang dalam penerbangan juga turut dilakukan.

Dengan penerapan protokol kesehatan dan keamanan dalam level maksimal tersebut, Garuda Indonesia berharap penumpang dapat terbang dengan nyaman hingga sampai di tujuan. Garuda Indonesia juga telah membuka kembali berbagai penerbangan dengan rute perdana hingga rute-rute domestik maupun internasional yang bisa Anda nikmati dengan aman.

Berikut ini adalah protokol yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia dalam melakukan penerbangan selama masa COVID-19:

a. Proses check in dapat dilakukan tanpa kontak secara online melalui aplikasi atau website. Bagi penumpang yang melakukan proses check in melalui counter, telah dipasang pembatas protection shield di setiap counter untuk menghindari kontak fisik antar staff dan penumpang.

b. Tersedia juga fasilitas self printing dimana penumpang dapat langsung mengambil boarding pass tanpa melalui kontak dengan staff.

c. Garuda Indonesia juga memastikan peningkatan kebersihan seluruh bagian pesawat dan penyemprotan disinfektan secara rutin. Seluruh pilot dan awak kabin juga akan dipastikan menggunakan masker dalam penerbangan.

d. Sistem filtrasi udara dalam kabin dilengkapi dengan HEPA (High Efficiency Particulate Air) filters.

e. Khusus awak kabin juga akan menggunakan sarung tangan dan masker saat berinteraksi dan melayani penumpang.

f. Layanan in-flight meals akan disajikan dalam kemasan box dan terjamin higienitasnya.

g. Melakukan pembatasan jumlah penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk dan memberlakukan jaga jarak fisik (physical distancing) antar penumpang.

h. Penumpang dengan keluarga yang duduk bersebelahan (tanpa physical distancing) diwajibkan mengisi FOI (Form of Indemnity) for Passenger with Family.

Dengan slogan Because You Matter, Garuda Indonesia memahami kekhawatiran penumpang tentang situasi saat ini dan berusaha semaksimal mungkin demi menciptakan kenyamanan penumpang dalam perjalanan bersama Garuda Indonesia. Karena kesejahteraan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama.

Leave a comment

Newsletter subscribe