May 6, 2020 1 min to read

TIDAK BISA MUDIK SAAT LEBARAN NANTI? LAKUKAN HAL INI DI RUMAH

Category : Uncategorized

Mudik atau pulang kampung sebelum atau sesudah hari raya lebaran bagi masyarakat perantauan adalah salah satu budaya yang sudah dilakukan sejak lama dan berlangsung hampir setiap tahun. Biasanya, Selain bersilahturahmi dengan keluarga, momen libur hari raya juga dimanfaatkan untuk pergi ke berbagai tempat wisata bersama sanak saudara.
Namun, di tengah pandemi ini, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Terlebih, pemerintah juga telah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Tapi Mitra Via tidak perlu khawatir, beberapa kegiatan dibawah bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu di hari lebaran nanti.

1. Bersilaturahmi melalui Video Call

Kemajuan teknologi memang sangat membantu dalam melakukan hal di kehidupan sehari-hari. Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga di kampung, Mitra Via bisa menggunakan fitur Video Call untuk tetap bersilaturahmi meski harus di rumah aja. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang mudah ditemukan di smartphone untuk melakukan video call secara cuma-cuma. Cukup dengan smartphone atau laptop yang tersambung internet, silaturahmi antar keluarga akan tetap terjaga.

 

2. Quality Time bersama keluarga

Lebaran Idul Fitri identik dengan makan ketupat dan opor ayam. Tidak perlu keluar rumah untuk menyantapnya di restoran, Anda bisa memasak di rumah sekaligus makan dan ciptakan quality time bersama keluarga inti. Selagi makan bersama, Anda dan keluarga juga bisa saling bercerita, tukar pikiran atau introspeksi diri, tentang satu bulan ke belakang selama puasa Ramadan, dan bulan-bulan mendatang agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

3. Menonton film bersama

Pada saat libur lebaran, biasanya beberapa saluran televisi akan menayangkan film dengan tema keluarga. Anda bisa mengajak keluarga untuk menonton film bersama sambil menikmati kue kering atau cemilan di rumah.

 

4. Bersih-bersih rumah

Meski tidak akan ada tamu atau keluarga besar yang datang bersilaturahmi seperti lebaran biasanya, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan rumah saat hari raya. Selain membuat rumah jadi lebih rapi, hal ini juga akan membuat Anda mendapatkan suasana rumah yang berbeda dan nyaman, sekaligus ‘berolahraga’.

 

5. Beristirahat

Jika sebelumnya waktu Anda habis terpakai untuk Work From Home atau School From Home, libur hari raya bisa Anda gunakan untuk beristirahat lebih banyak. Agar nantinya, kita bisa merencanakan kembali hal-hal baru dan fresh untuk dilakukan setelah pandemi ini berakhir.

Leave a comment

Newsletter subscribe